Kamis, 22 Mei 2014

Patung Rama Shinta Mengwi Bali

patung rama shinta
Selain sebagai icon Patung Bima Sakti, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Badung juga  membangun  icon Patung Rama Shinta yang berpusat di Intersection Terminal Tipe A Mengwitani.  Adapun tujuan dibangunnya Patung Rama Shinta itu ,Pemkab Badung ingin memberikan kesan pertama yang baik kepada masyarakat yang akan masuk ke wilayah Badung,terlebih lagi Patung Rama-Shinta berada di jalan nasional lintas Jawa-Bali.  Pembangunan patung yang sangat  mempesona, menawan, menarik dan nyaman ini memberikan dampak objektif kepada masyarakat untuk dijadikan objek wisata bagi masyarakat domestic maupun internasional.


Rama-Shinta merupakan Lambang Kesejahteraaan juga melambangkan Pemimpin yang bijak sehingga masyarakatnya sehat sentosa. Jadi Simbol Rama-Shinta diidentikan sebagai symbol Kesejahteraan dan Keharmonisan dan bukan sekedar symbol melainkan symbol yang bermakna. Disamping itu, patung tersebut juga mencerminkan keindahan budaya bali , juga penuh mengandung makna filsafat kehidupan , menegakkan dan membela kebenaran .

Rama dan Shinta merupakan tokoh utama dalam cerita Ramayana , salah satu epos terkenal dari India . Mereka digambarkan sebagai symbol pasangan kekasih yang saling mencinta . Dari hasil analisis diketahui bahwa Shinta adalah tokoh yang lebih kuat dibandingkan Rama. Hal itu disebabkan oleh , dia berani melakukan uji kesucian dengan membakar diri karena Sang Rama ragu akan kesucian Dewi Shinta yang telah diculik oleh Rahwana. Sebagai orang yang taat dan kesetiaannya kepada suaminya, maka Dewi Shinta pun menuruti perintah dari Sang Rama tersebut dan terbukti Dewi Shinta tidak mengalami cedera sedikit pun. Maka dengan peristiwa tersebut Sang Rama kembali menerima keberadaan Dewi Shinta dan mereka benar-benar saling  mencintai satu sama lainnya .

Maka dari cerita tersebut dapat diambil beberapa makna, bahwa keberadaan Dewi Shinta merupakan sosok yang setia dan taat pada suami . Dewi Shinta dapat digambarkan sebagai pribadi wanita yang lembut , penurut , tulus , berbudi halus , berbakti dan penuh cinta . Sedangkan Sang Rama merupakan  salah satu tokoh utama dalam cerita Ramayana , ia putra Prabu Dasaratha, Raja Ayodya titisan dari Dewa Wisnu , sehingga ia dikenal mempunyai sifat bijaksana , pandai , dan sakti mandraguna .

2 komentar: