Jumat, 23 Mei 2014

Danau Beratan dan Pura Ulun Danu Beratan Bali

danau beratan dan pura ulun danu beratan
Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai. Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. 


Pura Ulun Danu Bratan, atau Pura Bratan, adalah Shivaite utama dan kuil air di Bali, Indonesia - candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur. Kompleks candi ini terletak di tepi Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. Candi Air melayani seluruh wilayah di daerah aliran; hilir ada banyak candi kecil air yang spesifik untuk setiap asosiasi irigasi (subak).
 
Dibangun pada tahun 1663, candi ini digunakan untuk persembahan upacara untuk air, danau dan sungai Bali dewi Dewi Danu, karena pentingnya Danau Bratan sebagai sumber utama irigasi di pusat Bali. 11 cerita pelinggih meru didedikasikan untuk Siwa dan istrinya Parvathi. Patung Buddha juga hadir dalam kuil ini.
Pura Ulun ditampilkan dalam uang kertas Indonesia
 
Danau Bratan dikenal sebagai Danau Gunung Suci karena kesuburan daerah ini. Terletak 1.200 m di atas permukaan laut, ia memiliki iklim tropis dingin. Pemandangan pura dan danau ini juga diabadikan di pecahan uang 50 ribu rupiah sehingga kebanyakan wisatawan lokal akan berfoto dengan setting persis seperti gambar uang ini. Oleh karena itu banyak wisatawan domestik  yang berfoto di sini berpose menggunakan lembaran uang 50ribuan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar